Senin, 17 Desember 2012

Peletakan Batu Pertama Kantor Sekretariat UPK Bulango Selatan

Plt Bupati : Jadikan Motivasi Bagi Kecamatan Lain Membangun Gedung yang Sama

BULANGO SELATAN– Dimana-mana, jajaran pengurus Unit Pengelola Kegiatan (UPK) Kecamatan PNPM Mandiri mendambakan kantor sekretariat yang representatif untuk melakukan berbagai aktivitas. Sejak 2009, Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD maupun UPK kecamatan Bulango Selatan dalam melakukan berbagai aktivitas kesehariannya acapkali berpindah-pindah tempat dengan ‘mengontrak’ rumah penduduk sebagai base camp.
“Keputusan untuk membangun kantor sekretariat BKAD/UPK diambil setelah dilakukan Musyawarah Antar Desa (MAD) III beberapa waktu lalu yang dihadiri seluruh pelaku PNPM se-kecamatan Bulango Selatan. MAD ini menghasilkan keputusan perubahan cash flow untuk ketersediaan anggaran pembangunan gedung sekretariat,” ungkap Rusli Gobel ketua UPK Kecamatan Bulango Selatan.
Plt Bupati Bone Bolango Hamim Pou dalam sambutannya disela-sela peletakan batu pertama pembangunan gedung sekretariat BKAD/UPK Bulango Selatan, Senin (29/10) mengatakan pemerintah daerah sangat respon terhadap pelaksanaan PNPM di Bone Bolango selama ini, dimana banyak kemajuan yang telah dicapai . “Pemda memberikan respon dan perhatian penuh terhadap pelaksanaan PNPM di Bone Bolango, diantaranya penyediaan dana sharing sebagaimana  yang dipersyaratkan dalam bentuk Dana Daerah Urusan Bersama (DDUB) sebesar 5 persen maupun dana Pembinaan Administrasi Proyek (PAP). Keseriusan Pemda terhadap PNPM bukan hanya disitu saja, melainkan akan tetap berusaha semaksimal mungkin untuk dapat meloby anggaran yang lebih besar lagi ditahun-tahun mendatang,” ungkap plt Bupati Bone Bolango Hamim Pou.
Menurut Hamim Pou yang juga mantan wartawan senior ini, selama ini pelaksanaan maupun pengelolaan PNPM di seluruh kecamatan diwilayah Kabupaten Bone Bolango menunjukkan peningkatan yang cukup signifikan, diantaranya kelembagaan UPK maupun BKAD mulai mandiri. Hal ini dibuktikan dibeberapa tempat, UPK maupun BKAD telah mampu membangun gedung sekretariat PNPM secara permamen. “Diharapkan dengan dibangunnnya gedung sekretariat UPK/BKAD kecamatan Bulango Selatan dapat dijadikan sebagai motivasi oleh kecamatan lainnya untuk membangun gedung yang sama. Dan yang terpenting, agar dalam pembangunnya dapat mempertimbangkan kondisi keuangan dari masing-masing UPK, “ tandas Hamim Pou.
Sementara itu, ketua BKAD Kecamatan Bulango Selatan Gunadi Habibie dalam laporannya pada peletakan batu pertama gedung sekretariat UPK/BKAD menjelaskan bahwa pembangunan gedung sekretariat UPK/BKAD yang berlokasi di kawasan Block Plan Kantor Camat Bulango Selatan ini merupakan dambaan seluruh masyarakat, khususnya para pelaku PNPM di kecamatan Bulango Selatan. Hal ini sangat beralasan, karena selang 3 tahun terakhir jajaran pengurus UPK/BKAD setiap tahunnya hanya mengontrak rumah penduduk sebagai base camp. Masih menurut Gunadi, pembangunan gedung sekretariat UPK/BKAD dengan volume 8,5 x 25,5 M2 menelan anggaran sebesar Rp. 266.693.500 yang bersumber dari dana operasional UPK multiyears (2012-2013) akan dikerjakan dalam 2 tahun angggaran, dimana untuk tahap pertama ±Rp 50 Juta dan sisanya pada tahun anggaran 2013 mendatang dan diperkirakan pertengahan 2013, gedung ini sudah bisa ditempati. (Nibsah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar