Selasa, 18 Desember 2012

BKAD Bulango Selatan Luncurkan Bulletin PNPM



DALAM rangka menyebarluaskan informasi tentang pelaksanaan dan pengelolaan kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM MPd), Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Kecamatan Bulango Selatan meluncurkan Bulletin yang diberi nama Huyula.
Ketua BKAD Kecamatan Bulango Selatan, Gunadi Habibie mengungkapkan bahwa penerbitan Bulletin Huyula yang merupakan inisiatif dari pengurus BKAD ini adalah sebagai media komunitas yang efektif dalam merubah pola fikir masyarakat untuk lebih peduli terhadap keberlangsungan pelaksanaan PNPM melalui semangat gotong royong. “Bulletin yang sengaja diberi nama Huyula ini, dilandasi atas dasar semangat Huyula (Gotong Royong, red) yang saat ini mulai terkikis ditengah-tengah masyarakat, sehingga kehadirannya diharapkan dapat merubah pola pikir masyarakat untuk sama-sama bahu membahu membangun desa agar lebih cepat tumbuh dan maju,” ujar Gunadi
Sebagaimana diketahui, beberapa waktu lalu BKAD telah menggelar pelatihan Jurnalistik dan Teknik Desain Grafis bagi para pelaku PNPM se-kecamatan Bulango Selatan, dimana kegiatan ini diikuti oleh para pelaku PNPM dari perwakilan masing-masing desa. “Sebagai tindaklanjut dari hasil pelatihan jurnalistik, masing-masing peserta pelatihan yang mewakili desanya, diwajibkan harus dapat membuat berita seputar pelaksanaan kegiatan PNPM, sehingga kegiatan tersebut dapat dikonsumsi oleh masyarakat luas,“ tutur Gunadi.
BKAD memandang perlu untuk membuat sebuah media cetak sebagai alat komunikasi yang efektif dalam hal memberikan informasi tentang pelaksanaan dan pengelolaan PNPM MPd khususnya di Kecamatan Bulango Selatan, baik untuk para pelaku di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten serta untuk masyarakat luas. “Selain sebagai media komunikasi, Bulletin Huyula ini diharapkan menjadi media informasi dan kontrol sosial seputar pelaksanaan dan pengelolaan PNPM, khususnya bagi masyarakat luas dan para pelaku-pelaku PNPM,” kata Gunadi.
Perkembangan dunia komunikasi dan informasi menjadi salah satu tonggak perubahan sebuah bangsa, dimana informasi yang disajikan menjadi alat komunikasi efektif bagi perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sama seperti halnya dalam sebuah Program, media menjadi alat komunikasi efektif dalam menyampaikan isi dan tujan dari program tersebut.
Gunadi berharap, penerbitan bulletin Huyula yang terbit rutin setiap bulan sebanyak 8 halaman menampilkan berbagai rubrik seputar pelaksanaan PNPM di kecamatan Bulango Selatan ini dan semoga menjadi motifasi tersendiri bagi kami untuk tetap membantu Program Pemerintah serta terus mengkampanyekan, bahwa pembangunan itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggungjawab kita semua sebagai masyarakat. Karena keterlibatan masyarakat dalam pembangunan sangatlah dibutuhkan untuk menunjang percepatan pembangunan di Bone Bolango,” papar Gunadi. (Nibsah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar