Senin, 17 Desember 2012

Kelompok SPKP-PNPM, Rutin Agendakan Rapat Bulanan

HUNTU BARAT – Untuk mengoptimalkan pengelolaan dana Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP), kelompok SPKP PNPM desa Huntu Barat secara rutin melakukan pertemuan bulanan, tepatnya tanggal 6 setiap bulan berjalan. Hal ini bertujuan untuk mengevaluasi sejauhmana perkembangan usaha dan memecahkan berbagai permasalahan yang muncul dimasing-masing anggota kelompok, demikian dikatakan ketua pengurus kelompok SPKP desa Huntu Barat Kecamatan Bulango Selatan, Irawati Dunggio yang juga penggagas pertemuan.
Irawati Dunggio mengungkapkan biasanya seluruh anggota kelompok SPKP pada saat akan menerima dana simpan pinjam dari Unit Pengelola Kegiatan (UPK) terlihat bersama-sama dan kompak, namun setelah itu anggota kelompok jalan sendiri-sendiri atau dengan kata lain tidak ada lagi komunikasi yang dibangun diantara sesama anggota kelompok.           
“Pengalaman yang ada selama ini, jika anggota kelompok SPKP setelah menerima dana simpan pinjam dari UPK, tidak ada lagi komunikasi yang dibangun diantara sesama anggota kelompok didalam mendiskusikan pengelolaan usaha dan langkah-langkah antisipatif bila terjadi suatu masalah,” ujar Irawati. Menurut Irawati, pertemuan rutin yang digagas setiap bulan dan turut dihadiri langsung kepala desa beserta perangkatnya ini semata-mata untuk meningkatkan pengetahuan dan kapasitas anggota kelompok didalam mengelola usaha, sehingga hal ini bisa berimbas pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan anggota kelompok peminjam. “Dengan adanya pertemuan rutin setiap bulan ini, masalah yang muncul dilapangan bisa tereliminir dan patut diberikan apresiasi dari 7 kelompok SPKP yang ada di desa Huntu Barat hingga saat ini, tingkat pengembalian dana setiap bulannya selalu tepat waktu atau mencapai 100 persen,” tutup Irawati.(GH)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar