Selasa, 18 Desember 2012

Namanya Pinjaman Harus Dikembalikan

DESA SEJAHTERA adalah salah satu desa di Kecamatan Bulango Selatan yang meraih Insentif Pembayaran Tepat Waktu (IPTW) untuk Simpan Pinjam Kelompok Perempuan (SPKP). Dan yang sangat membanggakan, dari 5 kelompok SPKP yang ada, kesemuanya meraih IPTW.
Kepala desa Sejahtera Ayuba Lameo menjelaskan bahwa kunci sukses dari kelompok-kelompok SPKP yang ada di desa Sejahtera sehingga dapat meraih IPTW, karena adanya kesadaran dan itikad baik dari seluruh anggota kelompok untuk mengembalikan pinjaman SPKP secara tepat waktu. “Pemerintah desa dalam setiap kesempatan penyaluran dana, sering memberikan pembinaan dan pemahaman kepada peminjam, bahwa dana SPKP PNPM adalah bantuan pemerintah yang harus dikelola dengan baik dan harus dikembalikan secara tepat waktu. Yang namanya pinjaman harus dikembalikan,” ujar Ayuba Lameo.
Tambah Ayuba Lameo, Pemerintah Desa dalam setiap penyaluran dana selalu memintakan daftar nama-nama anggota kelompok, jumlah anggota dan tanggal jatuh tempo, sehingga kami bisa mengontrol setiap bulannya. “Seminggu sebelum jatuh tempo, kami selalu menghubungi ketua kelompok untuk mengecek apakah seluruh anggota sudah melakukan penyetoran. Apabila diantara anggota kelompok ada yang menunggak, maka kami pemerintah desa bersama ketua kelompok langsung mendatangi anggota tersebut. Dan alhamdulillah dengan cara ini, seluruh anggota kelompok tidak ada yang menunggak. (Hasbin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar