Selasa, 18 Desember 2012

Pelatihan Jurnalistik PNPM




BKAD Bulango Selatan Gelar Pelatihan Jurnalistik


PERKEMBANGAN dunia komunikasi dan informasi menjadi salah satu tonggak perubahan sebuah bangsa, dimana informasi yang disajikan menjadi alat komunikasi efektif bagi perkembangan kehidupan berbangsa dan bernegara. Sama seperti halnya dalam sebuah Program, media menjadi alat komunikasi efektif dalam menyampaikan isi dan tujan dari program tersebut.
Menurut ketua Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Bulango Selatan Gunadi Habibie pada pembukaan Pelatihan Jurnalistik lingkup pelaku PNPM tingkat Kecamatan Bulango Selatan (15/7), mengatakan,  bahwa BKAD memandang perlu untuk membuat sebuah media cetak yang berbentuk Bulletin sebagai alat komunikasi yang efektif dalam hal memberikan informasi tentang Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) Mandiri Perdesaan khususnya di Kecamatan Bulango Selatan, baik untuk para pelaku di tingkat Desa, Kecamatan dan Kabupaten serta untuk masyarakat luas.
Masih menurut Gunadi yang juga kepala desa Huntu Barat, inisiatif untuk menerbitkan Buletin Bulanan yang diberi nama Huyula akan terbit secara bulanan. Sehingga pelatihan jurnalistik ini sangat perlu dilakukan didalam rangka memberikan pembekalan bagi para awak Bulletin Huyula dalam melaksanakan tugasnya.
“Penerbitan bulletin Huyula ini semoga menjadi motifasi tersendiri bagi kami untuk tetap membantu Program Pemerintah serta terus mengkampanyekan bahwa pembangunan itu bukan hanya tanggung jawab Pemerintah semata, akan tetapi menjadi tanggungjawab kita semua sebagai masyarakat. Karena keterlibatan masyarakat dalam pembangunan sangatlah dibutuhkan untuk menunjang percepatan pembangunan,” papar Gunadi.
Gunadi berharap, agar media ini menjadi media komunitas yang efektif dalam merubah pola fikir masyarakat untuk lebih peduli dan tumbuhnya kembali semangat gotong royong.
Sementara itu, Pelatihan Jurnalistik yang diikuti oleh 10 peserta yang terdiri dari para Sekdes se-kecamatan Bulango Selatan ini turut dihadiri PJOK Kecamatan Bulango Selatan, Hamsah Saleh dengan menghadirkan narasumber dari unsur satker PNPM MPd Provinsi Gorontalo. (Hasbin)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar