Kamis, 29 Desember 2016

BUMDes Usaha Meubel Produksi Aneka Perabot



HUNTU BARAT Melalui Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) geliat ekonomi didesa mulai nampak. Dampak dari program P3MD memberikan peluang bagi desa dalam mengurus rumah tangganya sendiri.
Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Huntu Barat yang juga dewan pengawas Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Raja, Hasbin Hasan mengatakan, program P3MD yang digelontorkan pemerintah sejak 2015 silam melalui Dana Desa telah memberikan dampak yang signifikan pertumbuhan ekonomi masyarakat. Hal ini bisa dilihat dari usaha meubel di desa Huntu Barat yang didanai melalui Dana Desa tahun 2015. “Usaha meubel yang dikelola langsung oleh masyarakat hingga saat telah memproduksi berbagai macam perabot rumah tangga dan perkantoran diantaranya meja, kursi, kitchen kit, kusen pintu dan jendela. Hasilnya telah dirasakan oleh masyarakat terutama kelompok dan pendapatan asli desa,” ujar Hasbin.
Diakuinya, walaupun produksi dari usaha meubel ini masih terbatas yang diakibatkan mahalnya bahan baku, akan tetapi usaha ini diyakini akan berkembang. “Kami yakin, usaha meubel ini pasti akan berkembang, karena permintaan pasar yang cukup besar,” kata Hasbin. (mey)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar