Kamis, 29 Desember 2016

BUMDes Pimpi Stuban Di Desa Huntu Barat



HUNTU BARAT Pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Desa Pimpi Kecamatan Bintauna Kabupaten Bolaang Mongondow Utara Provinsi Sulawesi Utara, melakukan study banding (stuban) di desa Huntu Barat Kecamatan Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango. Kedatangan pengurus BUMdes yang turut didampingi Sekretaris Desa Pimpi disambut pj. Kepala Desa Huntu Barat, Ketua BPD dan Direktur BUMDes Gerbang Raja dikantor Desa Huntu Barat kemarin (29/12).
Kepada awak Bulletin Membangun Desa, Pj. Kepala Desa Huntu Barat, Hamzah Saleh mengatakan, kedatangan Pengurus BUMDes Pimpi di desa Huntu Barat dalam rangka untuk melihat dari dekat pengelolaan BUMDes Gerbang Raja yang sudah kesohor di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara. “Pemerintah Desa Huntu Barat menyambut baik atas kepercayaan yang diberikan oleh pemerintah dan pengurus BUMDes Pimpin dengan memilih desa Huntu Barat sebagai lokasi stuban,” kata Hamzah Saleh yang belum lama menjabat sebagai Penjabat Kepala Desa Huntu Barat.
Masih menurut Hamzah, kegiatan stuban pengurus BUMDes dari Kabupaten Bolaang Mongondow Utara ini adalah kali kedua, dimana sebelumnya pengurus BUMDes dari desa Duini Kecamatan Pinogaluman juga melakukan hal yang sama.
Disisi lain, Sekretaris Desa Pimpi merasa puas atas  pengelolaan dan pengembangan BUMDes di desa Huntu Barat. “Manajemen pengelolaan BUMDes Gerbang Raja, sangat ditunjang oleh Sumber Daya Manusia yang mumpuni, sehingga tidak mengherankan BUMDes ini sangat kesohor di Bolaang Mongondow Utara. Dan hal inilah yang mendasari kami untuk melakukan stuban di desa Huntu Barat,” ujar Sekdes Pimpi.
Masih menurut Sekdes Pimpi, BUMDes di desa Pimpi baru terbentuk bulan Perbruari 2016 lalu, sehingga kami ingin belajar dan menimba ilmu pengetahuan atas pengelolaan dan pengembangan BUMDes di Provinsi Gorontalo, tepatnya di desa Huntu Barat.
Sementara itu direktur BUMDes Gerbang Raja, Rusli Gobel menjelaskan selang tahun 2016 lebih dari 13 desa, masing-masing dari Kabupaten Gorontalo, Boalemo dan Bolaang Mongondow Utara (Sulut) telah melakukan stuban di desa Huntu Barat dengan tujuan untuk berguru tentang pengelolaan dan pengembangan BUMDes. “Kami merasa terhormat, dengan mempercayakan desa Huntu Barat sebagai lokasi stuban. Walalupun baru seumur jagung, manajemen pengelolaan BUMDes Gerbang Raja mendapat perhatian dari sejumlah desa, baik di Provinsi Gorontalo maupun desa-desa yang ada di Provinsi Sulawesi Utara, “ kata Rusli.
Kegiatan stuban diakhiri dengan penyerahan profil dan laporan kinerja BUMDes Raja dari direktur BUMdes kepada ketua tim study banding desa Pimpi (ram)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar